Apa Yang Dimaksud Dengan Waterproofing?

Apa Yang Dimaksud Dengan Waterproofing?

Salah satu bahan bangunan yang paling penting adalah beton, gunanya untuk menopang bangunan agar tetap kokoh. Pada setiap bangunan beton sebagai tembok maupun dak atap biasanya berada pada lokasi yang dekat dengan tekanan air. Ada

Salah satu bahan bangunan yang paling penting adalah beton, gunanya untuk menopang bangunan agar tetap kokoh. Pada setiap bangunan beton sebagai tembok maupun dak atap biasanya berada pada lokasi yang dekat dengan tekanan air. Ada pula tempat yang mengharuskan beton bersentuhan langsung dengan air seperti kolam renang, basement, torent, dan sebagainya. Maka dari itu baiknya menggunakan bahan tambahan agar beton tahan pada air.

Waterproofing merupakan solusi yang dilakukan untuk membuat objek tahan terhadap air. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi dan menjaga ketahanan dari struktur bangunan tersebut terutama dari masalah kebocoran. Tempat yang biasanya dilapisi dengan waterproof adalah basement atau area basah lainnya. Untuk itu, apabila tidak dilindungi dengan benar, maka bangunan tersebut akan mengalami kerusakan karena air.

 

Jenis-Jenis Waterproofing

Terdapat berbagai jenis waterproofing yang ada di pasaran, dan setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya adalah :

  1. Waterproofing Membrane Bakar

Jenis ini adalah salah satu type waterproofing yang pertama kali dikembangkan. Bahan ini bisa berfungsi maksimal sebagai waterproof apabila aplikasi produk tidak terdapat kesalahan. Perlindungan ini dilakukan dengan menggunakan membrane atau lembaran yang dibuat dari karet terhadap permukaan struktur. Lembaran pada membrane dibuat sesuai dengan keperluan dari seluruh struktur yang dilindungi.

Apabila ada keretakan pada beton dan sedikit berlubang atau kerusakan pada membrane, maka perbaikan akan susah untuk dilakukan. Bila membrane berada di atap, maka dapat dibongkar untuk melakukan perbaikan. Namun bila berada di basement hal ini tidak bisa dilakukan karena berada di bawah beton dan sumber bocor pun cenderung sulit dideteksi.

  1. Integral Waterproofing

Integral waterproofing adalah modifikasi dari bidang waterproof. Bahannya berbentuk cairan yang langsung ditambahkan pada beton sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan proyek.

  1. Waterproofing Coating

Waterproofing coating adalah perlindungan rembesan dengan memakai bahan polimer yang berbentuk seperti cat guna menutup permukaan struktur yang dilindungi. Biasanya digunakan untuk melindungi dinding, bak, tanki, dan juga bisa sebagai perlindungan untuk permukaan kayu.

  1. Injeksi Beton

Ini merupakan suatu sistem yang dilakukan untuk mengisi rongga ataupun struktur pada rongga beton yang sudah keropos atau retak.

 

Pelaksanaan Pekerjaan Waterproofing Coating

Berikut ini adalah cara pelaksanaan dalam pemsangan jasa waterproofing. Diantaranya :

  • Pemasangan waterproof dilakukan sebelum reparasi permukaan beton selesai.
  • Cek permukaan lantai atau dinding dengan cermat. Hal ini dilakukan agar permukaan bersih dari lumpur dan tanah serta terbebas dari minyak atau oli.
  • Cuci dan bersihkan permukaan lantai atau dinding dari kotoran seperti sampah dan debu dengan menggunakan sikat kawat dan air.
  • Pemasangan waterproof membrane dimulai dari sudut permukaan lantai dan dinding memakai kuas atau roll.

Apabila pekerjaan telah selesai dan sudah dites rendam, maka selanjutnya dilakukan finishing untuk permukaannya dengan cara screeding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *