Baca Ini, Sebelum Memilih Arsitek dan Kontraktor yang Berbeda atau Design and Build!

Baca Ini, Sebelum Memilih Arsitek dan Kontraktor yang Berbeda atau Design and Build!

Istilah mengenai arsitek dan kontraktor rumah pasti sudah dimengeri dengan jelas oleh umum. Namun, bagaimana dengan Design and Build? Mudahnya, Design and Build dianggap sebagai perseorangan atau perusahaan yang memiliki tanggung jawab penuh mulai dari

Istilah mengenai arsitek dan kontraktor rumah pasti sudah dimengeri dengan jelas oleh umum. Namun, bagaimana dengan Design and Build? Mudahnya, Design and Build dianggap sebagai perseorangan atau perusahaan yang memiliki tanggung jawab penuh mulai dari perancangan desain hingga pelaksaan pembangunan selesai. Wahh.. nampaknya tidak perlu repot lagi jika kita memilih jasa Design and Build saat ingin membangun rumah ataupun gedung. Tapi, benarkah demikian? Lalu, mana yang lebih baik? Pakai Arsitek atau Kontraktor yang berbeda atau sekaligus Design and Build?

Kali ini saya akan mengungkap secara singkap apa itu Design and Build yang sebenarnya dan keuntungan menggunakan jasa Design and Build atau Arsikte dan Kontraktor yang berbeda sehingga Anda lebih mudah memutuskan mana yang paling tepat.

Apa Yang Dimaksud Design and Build?

Apa Yang Dimaksud Design and Build?

Banyak yang mengira bahwa Design and Build adalah orang yang berperan sebagai arsitek dan sekaligus kontraktor. Design and Build sendiri berarti Designer dan Builder yang bekerja sama. Design and Build  bisa jadi hanya satu orang bahkan bisa juga ditangani suatu perusahaan. Jasa yang satu ini dilegalkan oleh IAI dan institusi sejenis. Jadi, Design and Build menyediakan satu penawaran untuk tahap desain dan pelaksaan pembangunan.

Keuntungan Design and Build

Design and Build  terlibat dalam sebuah proyek, bisa saling melengkapi mulai tahap awal hingga akhir.

  • Anda bisa memastikan bahwa desainnya terwujud karena bisa langsung berdikusi dengan partner Builder-nya, apalagi bila mereka sudah sering bekerja sama menghasilkan karya arsiktetur dengan baik.
  • Kesalahan ketika pelaksanaan bisa diperkecil.
  • Waktu perencangan dan pelaksanaan dapat dipersingkat sebab ada beberapa orang professional yang saling membantu.
  • Client hanya berurusan dengan satu pihak saja sehingga lebih praktis.

Keuntungan Memakai Arsitek dan Kontraktor Rumah yang Berbeda

Anda bisa mendapat banyak keuntungan dari arsitek dan kontraktor, diantaranya:

  • Deskripsi pekerjaan jelas
  • Arsitek bisa memaksimalkan ide dan kreatifitasnya untuk memenuhi dan mewadahi kebutuhan serta keinginan client.
  • Tidak terjadi konflik kepentingan sebab proses tender / pemilihan kontraktor dilaksanakan setelah semua proses perancangan dan gambaran kerja selesai.
  • Kontraktor rumah memberikan jaminan pembangunan yang sesuai dengan hasil desain.
  • Meskipun ada perubahan yang terpaksa dilakukan, itupun tidak terlalu berbeda dengan desain awal.
  • Sistem pengawasan lebih baik sebab melibatkan 3 pihak sekaligus, client, arsitek, dan kontraktor, sehingga meminimalisir terjadinya konflik kepentingan.
  • Arsitek bisa memberikan wawasannya kepada client bagaimana cara menghemat biaya atau cara menghindari trik-trik dari kontraktor nakal yang ingin biaya tambahan.
  • Arsitek dan Kontraktor memiliki sertifikat resmi, seperti SKA dan IPTB.

Apapun pilihan Anda, Arsitek dan Kontraktor yang berbeda atau sekaligus Design and Build, yakinkan diri Anda bahwa para penyedia jasa tersebut bekerja sesuai dengan Code of Ethics atau Code of Professional Conduct.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *