Bahaya Rokok Untuk Anak Usia Sekolah

Bahaya Rokok Untuk Anak Usia Sekolah

Rokok adalah sebuah produk yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, namun masih banyak orang yang terus menerus menghisap rokok. Padahal beberapa tahun belakangan ini Pemerintah telah memberi peringatan keras yang berbunyi : “MEROKOK MEMBUNUHMU.” Namun

Rokok adalah sebuah produk yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, namun masih banyak orang yang terus menerus menghisap rokok. Padahal beberapa tahun belakangan ini Pemerintah telah memberi peringatan keras yang berbunyi : “MEROKOK MEMBUNUHMU.” Namun peringatan dan himbauan tersebut seakan tak mempan dan banyak orang terus-menerus menghisap rokok, karena kuatnya ketergantungan seseorang terhadap rokok.

Dan tidak hanya bagi mereka yang sudah dewasa dan telah bekerja, banyak juga kita temui di jalan-jalan para pelajar yang dengan asyiknya merokok tanpa merasa takut sedikitpun, seolah-olah itu merupakan bukan sebuah perbuatan yang buruk.

Selain itu, anda juga bisa menemukan mereka nongkrong di berbagai tempat, seperti di kendaraan umum, terminal, kafe atau bahkan parahnya merokok di sekitar sekolah mereka tanpa merasa khawatir terjaring razia oleh para guru dan satpol PP. Sebagai orang yang sadar dan telah mengerti akan bahaya dari rokok itu sendri tentu akan merasa prihatin dengan keadaan ini.

Merokok sudah jelas bakal merugikan kesehatan dan bisa menimbulkan brbagai penyakit kronis dan berbahaya. Para pelajar biasanya mereka-mereka yang masih bergantung secara ekonomi pada orangtuanya. Dan hal tersebut tentu akan menambah beban  cukup berat yang harus ditanggung para orang tua. Dan yang lebih menyedihkan serta sangat memprihatinkan yaitu banyaknya remaja putri dan wanita yang merokok, sekarang ini.

Faktor utama yang menyababkan para pelajar merokok ialah kurang perhatian dan protek dari dalam keluarga terutama oleh parang orang tua serta faktor lingkungan yang membuat mereka ikut-ikutan merokok. Seperti yang sudah anda ketahui, rokok mengandung nikotin dan banyak zat lainnya yang mengakibatkan kecanduan. Maka dari itu, sekali merokok pasti akan susah untuk berhenti,kecuali memang ada kemauan kuat dari diri sendiri dan bantuan dari lingkungan setempat.

Para pelajar yang sedang mencari jati dirinya bahkan menganggap bahwa seorang pria yang tak merokok itu tidaklah jantan. Hal itulah yang mengakibatkan banyak pelajar menjadi seorang perokok. Selain itu karna sebab rokok adalah salah satu dari ajang para pelajar untuk dapat mengaktualisasikan diri mereka. Dimana mereka juga menganggap sebagai simbol agar dipandang gaul dan eksis.

 

Peran Orang Tua

Semakin banyak dan parahnya para pelajar yang menjadi perokok akhir-akhir ini, kini banyak para orangtua yang merasa was-was  dan tak nyaman jika anaknya menjadi perokok. Untuk itulah diharapkan ada peran dari para orangtua untuk ikut menanggulangi krisis tersebut. Sebab peran orang tua sangatlah penting agar anak tak terjerumus lebih dalam lagi dan akut ketergantungan terhadap rokok.

 

Berikut ini  langkah-langkah yang harus dilakukan para orang tua untuk menanggulangi keadaan tersebut, antara lain :

  1. Selalu memperhatikan dan meluangkan waktu untuk anak-anaknya.
  2. Selalu inten menjaga komunikasi denga anak-anaknya.
  3. Ajaklah sesekali tiap akhir pekan atau minimal dua minggu sekali untuk berlibur bareng keluarga agar pikiran sang anak menjadi segar dan bugar.

Apabila anda membutuhkan informasi lebih lengkap seputar dilarang merokok, dapat mengaksesnya di www.gosign.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *