Cara Pemakaian Vibrator Roller Dalam Bidang Konstruksi

Tentu setiap orang sudah mengetahui dan memahami tentang adanya berbagai alat inovatif dari hasil perkembangan teknologi yang canggih. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menunjang kehidupan manusia. Bidang konstruksi bangunan tak lepas dari hal itu. Kami

Tentu setiap orang sudah mengetahui dan memahami tentang adanya berbagai alat inovatif dari hasil perkembangan teknologi yang canggih. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menunjang kehidupan manusia. Bidang konstruksi bangunan tak lepas dari hal itu.

Kami yang yakin masih ada yang asing dengan berbagai alat berat canggih ditemui di proyek gedung bertingkat atau area konstruksi lainnya. Dan salah satu alat berat tersebut adalah vibrator roller. Kendaraan konstruksi ini adalah alat yang gunanya untuk memadatkan tanah dengan sistem getaran.  Getaran yang dihasilkan dari alat ini bisa menghasilkan gaya tekanan pada tanah sehingga batu ataupun tanah di area tersebut menjadi rata.

Mengenal Jenis Vibrator Single Drum Dan Double Drum

Pada dasarnya vibrator dibagi menjadi dua macam, yaitu single drum dan double drum. Meski fungsinya sama kedua alat tersebut tentu memiliki perbedaan. Yang membedakan dari kedua alat tersebut yaitu jumlah keberadaan silinder drum. Pada single drum hanya ada satu silender saja. Sedangkan untuk double drum terdapat dua silinder. Tentunya, daya tekanan yang dihasilkan dari kedua benda tersebut berbeda. Double drum memiliki daya tekanan yang lebih kuat bila dibandingkan dengan single drum.

Kedua benda ini sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi atau bangunan. Dengan cara pemakaian yang benar dan perawatan khusus, akan membuat kedua benda ini lebih awet dan tahan lama. Pasalnya, bila perawatan tidak dilakukan secara khusus, maka alat tersebut akan cepat rusak. Maka karena itulah penting untuk melakukan perawatan khusus. Langkah ini bisa lebih menjaga keawetan kedua benda ini.

 

Fungsi Vibrator Roller

Jika sudah mengetahui apa itu vibrator roller dan juga jenisnya, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara pemakaian alat tersebut. Sebaiknya, perhatikan hal ini sebelum mengoprasikan benda tersebut. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah pengecekan mesin, meliputi :

-Pastikan bahwa bahan bakar sudah terisi penuh

-Cek tangki pada bahan bakar, apakah ada kebocoran atau tidak. Bila terjadi kebocoran sebaiknya segera lakukan penindakan terlebih dahulu.

-Selain tangki bahan bakar, tangki air juga harus dipastikan sudah terisi penuh.

-Kondisi mesin juga harus di cek, apakah dalam kondisi baik atau tidak.

-Wajib juga untuk melakukan pengecekan pada oli mesin.

-Cek kondisi kabel guna memastikan sudah berada pada posisi yang tepat.

-Kondisi stang ataupun tuas gas juga harus dipastikan dalam kondisi netral.

Kalau sudah melakakukan sejumlah langkah pengecekan pada mesin sebagaimana tertera di atas, maka selanjutnya bisa langsung mengoprasikan alat tersebut. Berikut ini adalah cara untuk menjalankan vibrator. Diantaranya :

-Atur tuas pada posisi minimum

-Membuka pin bahan bakar agar bisa turun ke mesin

-Putar kunci ke posisi on

-Kemudian tarik tuas gas tersebut untuk bisa menyalakan mesin.

-Setelah mesin menyala, anda bisa mengatur kecepatan mesin tersebut dengan tuas gas yang ada.

Nah itulah sekilas tentang bagaimana cara mengoprasikan alat konstruksi vibrator. Untuk mendapatkan alat tersebut juga tidak terlalu sulit. Sarana mutu adalah salah satu distributor alat konstruksi yang menyediakan berbagai macam alat berat. Termasuk juga dengan alat pemadat tanah dijelaskan disini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *