Ingin Merintis Bisnis Percetakan? Jangan Asal Rintis, Pelajari Tips Merintis Bisnis Percetakan Ini

  Memiliki bisnis sendiri memang impian setiap orang, apalagi jika bisnis tersebut bisa mendatangkan omset jutaan rupiah. Nah, salah satu bisnis yang bisa mendatangkan omset jutaan rupiah adalah bisnis percetakan asalkan kita bisa mengelolanya maka

 

Ingin Merintis Bisnis Percetakan? Jangan Asal Rintis, Pelajari Tips Merintis Bisnis Percetakan Ini

Memiliki bisnis sendiri memang impian setiap orang, apalagi jika bisnis tersebut bisa mendatangkan omset jutaan rupiah. Nah, salah satu bisnis yang bisa mendatangkan omset jutaan rupiah adalah bisnis percetakan asalkan kita bisa mengelolanya maka bisnis tersebut akan sangat menguntungkan.

Jika Anda tergiur dengan bisnis percetakan ini dan ingin merintisnya dari sekarang. Anda jangan salah langkah. Hal tersebut karena jika salah langkah akan merugikan, bukan hanya rugi bisa jadi modal yang Anda keluarkan akan hilang begitu saja.

Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari tips merintis bisnis percetakan supaya sukses. Penasaran? Yuk, simak tips merintis bisnis percetakan berikut ini.

Pengertian Percetakan yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Merintis Bisnis

 

Pengertian Percetakan yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Merintis Bisnis

Mungkin Anda sering mendengar kata percetakan, namun belum tahu pasti arti dari percetakan itu sendiri. Apa arti dari percetakan? Percetakan merupakan suatu proses industri yang bertujuan untuk memproduksi tulisan dan gambar secara massal dengan menggunakan mesin cetak.

Perlu diketahui, bahan utama percetakan ini adalah tinta dan kertas. Namun, seiring perkembangannya, tinta juga dapat dicetak di atas kain. Oleh karena itu, hasil dari bisnis percetakan untuk  tali id card ini dapat berupa buku, kartu nama, koran, majalah, spanduk, banner, undangan, sertifikat, kaus, stiker, goody bag dan beberapa jenis lainnya.

6 Tips Merintis Bisnis Percetakan

Jika dilihat dari peranannya, percetakan ini sangat penting karena dapat dijadikan media komunikasi baik di dunia pendidikan maupun hiburan. Oleh karena itu, sangat menguntungkan jika dijadikan bisnis.

Nah, jika Anda ingin merintis bisnis ini, Anda perlu mempelajari tips merintis bisnis percetakan berikut ini.

1. Pelajari Proses Produksi Percetakan

 

1. Pelajari Proses Produksi Percetakan

Selain modal dalam merintis suatu bisnis, edukasi juga tak kalah penting. Edukasi yang dimaksud adalah pengetahuan tentang bisnis yang akan Anda rintis, seperti jika Anda akan merintis bisnis percetakan, Anda membutuhkan ilmu dan pengetahuan yang mendalam tentang dunia percetakan.

Anda juga perlu mempelajari competitor Anda di bisnis yang sama. Hal tersebut supaya Anda dapat tahan banting saat menghadapi pesaing di bisnis yang sama.

2. Buat Rencana Bisnis Percetakan

Setelah Anda mengetahui segala hal tentang dunia percetakan, langkah selanjutnya adalah membuat rencana. Tentu saja rencana yang Anda buat harus sesuai dengan bisnis yang akan Anda rintis.

Dalam menyusun rencana bisnis percetakan yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Berapa modal yang Anda butuhkan?
  • Hitung biaya operasional dan produksi.
  • Peralatan dan perlengkapan yang Anda butuhkan untuk usaha percetakan.
  • Keuntungan yang akan Anda hasilkan.
  • Jenis layanan jasa percetakan yang akan Anda geluti, seperti: cetak undangan, kartu nama, buku dan sebagainya.

3. Rajin Promosi

Salah satu kesuksesan sebuah bisnis adalah promosi. Promosi ini dinilai penting untuk kelangsungan sebuah bisnis. Nah, di era yang serba canggih ini, media promosi yang dapat Anda gunakan adalah media sosial.

Artinya Anda dapat mempromosikan bisnis percetakan Anda melalui media sosial secara online. Selain dapat menghemat biaya promosi, cara ini lebih dapat menjangkau konsumen di berbagai belahan dunia mana pun.

4. Utamakan Kualitas Cetak

 

Utamakan Kualitas Cetak

Tentu saja saat binis sudah berjalan, Anda harus mengutamakan kualitas. Dalam bisnis ini adalah kualitas cetak. Oleh karena itu, saat Anda sudah berkomitmen menjalankan usaha percetakan, utamakan kualitas cetak meskipun pesanan yang Anda terima bernilai kecil.

5. Jangan Pernah Menolak Order

Kesuksesan suatu bisnis juga dilihat dari keseriusan Anda dalam menjalankannya, seperti jangan pernah menolak order. Artinya Anda tidak boleh menolak order cetak meskipun hasil yang Anda dapat kecil.

Dengan tidak pernah menolak order dan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh, Anda akan mendapat pujian dari pelanggan Anda. Nah, review produk jasa yang positif dari pelanggan dapat Anda jadikan media promosi.

Tentu saja, pelanggan yang puas dengan layanan cetak Anda akan merekomendasikan bisnis percetakan Anda kepada rekan-rekannya yang membutuhkan jasa cetak. Oleh karena itu, jangan pernah menolak order cetak sekecil apapun nilainya.

6. Kerja Keras dan Pantang Menyerah

Jika semua modal dan usaha untuk merintis bisnis percetakan ini sudah Anda lakukan semua dengan sungguh-sungguh. Langkah selanjutnya adalah kerja keras dan pantang menyerah.

Pada dasarnya, kerja keras dan pantang menyerah merupakan modal utama Anda dalam mendirikan bisnis. Karena kerja keras dan pantang menyerah dapat membangkitkan semangat Anda untuk terus berusaha meskipun Anda menghadapi banyak kendala dan rintangan.

Itulah tips merintis bisnis percetakan yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya modal utama dalam merintis dan menjalankan suatu bisnia adalah niat, kerja keras dan pantang menyerah. Jadi, jika Anda ingin merintis bisnis Anda, bulatkan niat, pupuk rasa kerja keras dan pantang menyerah.