Inilah Alasan Mengapa Domain Penting Saat Membuat Website

Pernahkah kamu berkunjung ke The Huffington Post saat browsing di dunia maya? Huffington Post atau yang dikenal juga dengan Huff Post atau HuffPo adalah website berita dan blog yang dirintis oleh Arianna Huffington. Bermodalkan website

Pernahkah kamu berkunjung ke The Huffington Post saat browsing di dunia maya? Huffington Post atau yang dikenal juga dengan Huff Post atau HuffPo adalah website berita dan blog yang dirintis oleh Arianna Huffington. Bermodalkan website miliknya, Arianna berhasil menempati posisi sebagai blogger wanita pertama dengan penghasilan terbesar di dunia. Bayangkan saja, lewat iklan Pay Per Click (PPC), dalam waktu satu bulan, Arianna bisa menghasilkan 896.880 dolar US per bulan. Kalau dirupiahkan jumlahnya setara dengan Rp 12 miliar. Wow!

Membuat Website

Ada juga nih, Gina Trapani, blogger dengan domain  lifehacker dengan penghasilan 144.630 US dolar per bulan. Lewat blog miliknya, entah awalnya dibuat lewat jasa pembuatan website atau tidak, mengenai tips dan trik dalam kehidupan sehari-hari, Gina juga berhasil meraih penghargaan sebagai The Most Influential Women in Technology.

Kamu juga bisa loh meraup cuan dari dunia maya. Syaratnya, kamu tentu harus memiliki website. Kalau masih asing dengan dunia website, kamu bisa kok menyewa jasa pembuatan website jakarta. Tapi sebenarnya, kamu juga bisa loh belajar membuat website sendiri.

Serba Serbi Membuat Website, Inilah Pentingnya Suatu Domain

Zaman sekarang membuat website bukanlah hal sulit. Selain bisa menyewa jasa pembuatan website jakarta di Jayawebsite.com atau membuat website dari awal, kamu juga bisa memiliki website sendiri lewat platform yang sudah disediakan, seperti WordPress, Drupal, dan Joomla. Rata-rata sih para pemula lebih memilih WordPress, sebab mudah digunakan dan gratis. Nah, biar websitemu bisa jalan dan dilirik warganet, kamu harus membeli domain dan hosting dulu nih.

Ibarat rumah, domain merupakan alamat fisik yang akan diketikan oleh warganet saat menuju website milikmu. Singkatnya, domain adalah nama website, seperti lifehacker dan huffingtonpost. Domain berfungsi untuk mengarahkan warganet yang mengakses website ke server yang tepat. Kalau domain adalah alamat rumah, maka hosting/web server bertugas untuk menyimpan data dan file yang menyusun website. Jadi, domain adalah jalan pintas menuju server yang mempublish website kamu.

Untuk memilih nama domain, kamu harus mempertimbangkan tiga hal, yaitu:

  • Nama domain mudah diingat.
  • Nama domain unik, menarik dan mudah diucapkan.
  • Nama domain spesifik sesuai peruntukan website, misalnya nama domain khusus lirik lagu. Kalau peruntukannya bagi blog pribadi, bisa menggunakan nama sendiri.

Untuk domain dan hosting sebenarnya bisa kamu dapatkan gratis bila menumpang di WordPress atau Blogspot. Tapi, domain kamu akan memiliki embel-embel wordpress atau blogspot. Nah, kalau ingin menghilangkan embel-embel platform tersebut, kamu bisa membeli domain dan hosting. Pastikan kamu membelinya pada penjual domain dan hosting terpercaya, seperti hostinger atau domainesia. Jangan gentar dulu, biayanya murah kok. Bahkan tersedia dalam paket hemat yang bisa dibayar per bulan. Nah, kalau kamu masih bingung, sebaiknya sewa jasa pembuatan website saja ya!