Kenali Material Untuk Lantai Sebelum Pilih Yang Tepat

Terebooble.com – Tahukah Anda bahwa untuk merealisasikan sebuah konsep rumah, semua bagian di dalamnya harus mampu mengusung konsep itu, salah satunya lantai. Saat ini sudah banyak material untuk melapisi lantai yang bisa dipilih sesuai konsep

Terebooble.com – Tahukah Anda bahwa untuk merealisasikan sebuah konsep rumah, semua bagian di dalamnya harus mampu mengusung konsep itu, salah satunya lantai. Saat ini sudah banyak material untuk melapisi lantai yang bisa dipilih sesuai konsep rumah. Karakter material yang variatif, mampu menciptakan keterpaduan sempurna dengan interior maupun eksterior bangunan. Anda mau tahu apa saja jenis materialnya?

Kenali Material Untuk Lantai Sebelum Pilih Yang Tepat

7 Material Lantai Kekinian

Tujuh material berikut ini adalah yang paling umum digunakan untuk melapisi lantai, penggunaannya disesuaikan dengan anggaran, konsep rumah dan motif yang sesuai dengan karakter pemilik hunian. Ada parket, granit, vinyl tile, batu alam, keramik, tegel, dan teraso.

  1. Parket

Adalah material pelapis lantai yang bahan bakunya adalah kayu. Ada tiga jenisnya, yaitu parket kayu sintetis wood plastic composite yang anti air dan panas, lalu ada yang terbuat dari serbuk kayu dan dikenal dengan nama laminating flooring, serta parket yang trbuat dari kayu asli yang dipotong sesuai ukuran yang diinginkan lalu diproses sehingga cocok dijadikan pelapis lantai.

  1. Granit

Kalau Anda pernah melihat rumah konglomerat di ibukota, kebanyakan menggunakan lantai granit. Karena mampu memberikan kesan mewah tanpa batas, dan harganya tergolong mahal dibandingkan material lain. Harganya yang mahal adalah akibat bahan alam berupa granit yang diolah menjadi potongan tertentu yang ditempel pada bagian lantai.

  1. Vinyl

Adalah material kekinian yang terbuat dari bahan sintetis berbentuk lembaran yang sudah dilengkapi perekat khusus, sehingga memudahkan dalam pemasangan. Ada lantai vinyl yang punya beragam motif dan warna, sehingga cocok untuk diaplikasikan pada konsep rumah apapun.

  1. Batu Alam

Adalah bahan ekslusif lainnya yang berupa perpaduan batu yang berasal dari alam seperti marmer, kemudian diolah menjadi bentuk tertentu. Warnanya cukup bervariasi, tapi kebanyakan warna netral sehingga cocok dipasang pada ruangan dengan dominasi warna dan kelengkapan interior apapun.

  1. Keramik

Merupakan material yang paling banyak digunakan saat ini, karena dikenal sangat variatif soal warna, desain dan motif. Harganyapun relatif nyaman di kantong. Ada dua jenis keramik, yaitu dengan tekstur licin yang biasa dipakai untuk area dalam rumah yang tidak sering terkena air, lalu adapula yang bertekstur kasar untuk bagian lantai garasi, kamar mandi dan dapur.

Selain untuk lantai, keramik juga memiliki jenis khusus untuk dinding, jadi Anda bisa memadukan lantai dan dinding keramik dengan motif yang sama. Sama halnya dengan vinyl tile yang juga punya jenis untuk material lantai dan dinding.

  1. Tegel

Dulu material ini sangat populer karena mampu memberi kesan mewah. Bahan pembuatannya adalah semen yang dicampur dengan bahan pewarna sehingga menghasilkan material yang bergaya vintage. Walau sudah terbilang old fashion namun di sebagian rumah yang ingin memberi nuansa masa lalu masih sering ditemukan lantai dengan material ini.

  1. Teraso

Mirip dengan Tegel, material yang satu ini terbuat dari campuran pecahan kaca, granit atau marmer. Bentuknya yang unik jadi alasan masih banyak orang yang menggunakannya, ditambah lagi harganya yang tak terlalu mahal dan proses pemasangan yang tergolong mudah. Andapun bisa memasangnya sendiri jika ingin penghematan yang lebih maksimal.

Jadi material mana yang akan Anda jadikan pelapis lantai di rumah, apakah keramik, vinyl tile, tegel, teraso, granit, parket, atau batu alam? Coba cek terlebih dahulu konsep rumah lalu pilih yang cocok untuk menyempurnakan konsep tersebut, hasilnya rumah akan terlihat lebih indah sesuai keinginan Anda.