Prinsip Dasar Tipografi dalam Desain Komunikasi Visual

Dalam sebuah karya desain, terutama yang berkaitan dengan iklan, semua ruang pada elemen desain saling terkait. Mulai dari warna, persiapan komponen, dengan pilihan menulis. Dalam desain komunikasi visual, yang dikenal dengan tipografi. Tipografi adalah seni

Prinsip Dasar Tipografi dalam Desain Komunikasi Visual di

Dalam sebuah karya desain, terutama yang berkaitan dengan iklan, semua ruang pada elemen desain saling terkait. Mulai dari warna, persiapan komponen, dengan pilihan menulis. Dalam desain komunikasi visual, yang dikenal dengan tipografi. Tipografi adalah seni memilih dan menata huruf timbul , kemudian diatur sesuai dengan ruang yang tersedia untuk menciptakan kesan tertentu. Pemilihan dan pengaturan akan mempengaruhi keberhasilan keseluruhan dari pekerjaan desain. Itulah sebabnya tipografi sangat penting dalam dunia desain komunikasi visual.

4 Prinsip Dasar Tipografi

Tipografi memiliki komponen dasar dari huruf (letterform). Tipografi tidak hanya pada desain grafis menggunakan komputer. Meskipun teknologi telah berkembang lebih canggih, belum tentu terus-menerus menciptakan karya menggunakan komputer. Karya seni dengan sentuhan langsung dari tangan artis masih banyak ditemukan. Sebagai contoh, ketika mengunjungi sebuah kafe kontemporer yang memiliki foto tempat dengan tulisan tertentu dekoratif. Beberapa hiasan dinding ini dibuat dengan desain timbul untuk menambah kesan estetis.

desain tipografi memiliki prinsip-prinsip yang harus diikuti saat membuat karya desain komunikasi visual. Berikut adalah 4 buah prinsip dasar tipografi yang mempengaruhi keberhasilan suatu karya desain:

Keterbacaan

Keterbacaan adalah kualitas huruf yang membuat surat itu bisa dibaca. Seorang desainer harus mengetahui dan memahami karakter masing-masing huruf dengan benar. Tidak hanya huruf di komputer, serta penggunaannya dalam embossing desain. Meskipun timbul memiliki visibilitas yang lebih tinggi sehingga mudah dibaca, tetapi jika desainer tidak memahami sifat dari surat itu baik maka akhirnya tidak sepenuhnya dibaca. Jika surat itu tidak terbaca, maka pesan dari pekerjaan tidak akan sampai kepada pembaca.

Dibaca

Keterbacaan merupakan penggabungan antara huruf dengan baik untuk membentuk sebuah kata yang bisa dibaca. Ini harus dipertimbangkan dalam pembacaan adalah ruang antara huruf. Jarak antara huruf tidak dapat diukur dengan ilmu matematika, tetapi harus dilihat dan dirasakan. Bahkan jarak antara huruf tidak selalu identik. Penggunaan jarak yang tidak benar dapat mengurangi kemudahan membaca, sehingga informasi yang ingin disampaikan menjadi kurang jelas. Meskipun surat-surat ini sudah terbaca, tetapi jika ruang yang kurang tepat (terlalu banyak atau terlalu ketat) kemudian akan mengakibatkan komunikasi karya desain visual yang kurang komunikatif.

jarak penglihatan

Visibilitas adalah kemampuan dari huruf, kata, atau frase yang dapat dibaca dalam jarak tertentu. Ukuran huruf pada brosur tentu tidak dapat digunakan pada billboard, dan sebaliknya. Billboard harus menggunakan huruf cukup besar untuk dibaca dari kejauhan.

Kejelasan

Kejelasan adalah kemampuan huruf timbul yang digunakan dalam desain dapat dibaca oleh pembaca yang dimaksudkan. Tujuan dari karya desain komunikasi visual adalah untuk menyampaikan informasi melalui gambar atau kata-kata, sehingga jika informasi dapat disampaikan dengan jelas itu berarti bahwa susunan huruf yang memiliki kejelasan yang baik. Unsur-unsur yang mempengaruhi kejelasan adalah warna, pemilihan jenis font, dan lain-lain.

Itu empat prinsip dasar tipografi yang digunakan dalam karya desain komunikasi visual. Prinsip-prinsip tersebut harus dipenuhi sehingga informasi dapat disampaikan dengan baik.