Ingin Usaha Namun Tidak Punya Modal? Ajukan KUR BRI Online dan Nikmati Kemudahannya

Kredit Usaha Rakyat atau dikenal dengan singkatan KUR adalah salah satu program pemerintah untuk menunjang usaha yang didirikan oleh seseorang, dengan cara memberikan pinjaman modal secara tunai. Modal yang dipinjam berasal dari bank tertentu yang

Usaha Tidak Punya Modal Ajukan KUR BRI

Kredit Usaha Rakyat atau dikenal dengan singkatan KUR adalah salah satu program pemerintah untuk menunjang usaha yang didirikan oleh seseorang, dengan cara memberikan pinjaman modal secara tunai. Modal yang dipinjam berasal dari bank tertentu yang mendukung program KUR salah satunya adalah bank BRI.  BRI sendiri menyediakan layanan pengajuan kur BRI online yang memudahkan pelanggannya untuk meminjam modal usaha secara tunai dengan syarat tertentu.

Fitur Utama dalam KUR BRI

Sesuai namanya, fitur utama dari KUR tentunya adalah pinjaman modal untuk memajukan usaha yang dimiliki seseorang. Selain itu KUR juga melayani seseorang yang ingin melakukan kredit untuk investasi usaha yang dimiliki.  Sebagai salah satu bank yang banyak digunakan rakyat menengah ke bawah, tentu bunga yang diberikan sangat rendah sesuai banyaknya uang pinjaman.

Oleh karena itu, pengajuan kur bri online hanya bisa dilakukan oleh pengusaha dan tidak bisa digunakan oleh orang yang tidak memiliki usaha apapun. Kebutuhan kredit yang dipinjamkan sendiri memiliki batas maksimum yang tidak terlalu tinggi. Karena program pemerintah, maka KUR tidak dikenai biaya admin, karena segala kerugian kredit yang akan ditimbulkan sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi resmi BUMN.

Syarat Pengajuan KUR BRI Sesuai Kategori

Bank BRI memiliki syarat tersendiri bagi pengusaha yang ingin melakukan pengajuan kur bri online ataupun offline secara langsung. Syarat ini sesuai dengan kategorinya yang dibedakan menjadi 3, yakni mikro, ritel, dan TKI.

Pinjaman yang ditawarkan untuk kategori mikro memiliki batas maksimum paling rendah, yakni Rp 25 juta. Dengan waktu maksimal tiga tahun, berbeda dengan kredit investasinya yang memiliki batas maksimal 5 tahun. Sementara besarnya bunga yang harus dibayar hanya sebesar 7%  per tahun dan berlaku sama untuk semua kategori.

Untuk kategori kedua yakni, KUR ritel, pinjaman yang diperbolehkan berkisar Rp 25 hingga Rp 500 juta sebagai batas maksimalnya. Untuk jangka waktu pengembaliannya lebih lama, maksimal empat tahun, sementara untuk kredit investasinya memiliki jangka pengembalian yang sama dengan kategori mikro yakni 5 tahun.

Kategori terakhir adalah KUR TKI dengan batas maksimal peminjaman adalah Rp 25 juta dengan jangka waktu maksimal 3 tahun atau sesuai dengan kontrak kerja terhadap negara asing. Sementara tujuan negara yang menjadi salah satu syarat pengajuan adalah Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, Singapura, dan Brunei.

Cara Pengajuan KUR BRI Online

Usaha Tidak Punya Modal Ajukan KUR BRI

Langkah pertama dalam mengajukan KUR BRI online adalah dengan membuka situs resmi BRI atau aplikasi BRI yang dimiliki dan sudah terdaftar sesuai prosedur yang benar. Setelah itu calon debitor atau yang akan meminjam uang, akan diarahkan pada form aplikasi dan berkas yang dibutuhkan oleh pihak BRI. Berkas tersebut meliputi KK, KTP, surat keterangan memiliki usaha, serta surat atau sertifikat yang dijadikan jaminan, yang bisa langsung diserahkan kepada pihak BRI.

Simak Juga : Jarang Orang Paham, Ternyata Inilah Perbedaan UKM dan UMKM

Setelah itu, pihak BRI akan memproses terkait dengan kelayakan usaha debitor, dan melakukan survey langsung dengan mengirimkan petugasnya untuk mendatangi tempat usaha yang sedang dijalankan. Jika usaha dianggap layak, dan sesuai kriteria, maka pihak BRI akan menyetujui dengan ditandai penandatanganan kontrak dari pihak debitor dan BRI yang dilakukan secara langsung. Jumlah pinjaman yang diinginkan akan langsung dicairkan oleh pihak BRI setelah penandatanganan kontrak tersebut melalui rekening debitor.

Demikianlah segala kemudahan yang ditawarkan oleh BRI melalui program KUR yang diberikan oleh pemerintah untuk memudahkan pengusaha dalam memajukan usahanya. Bagi pengusaha yang sudah memenuhi syarat, bisa langsung melakukan pengajuan kur BRI online ataupun mendatangi kantor BRI secara langsung dengan membawa berkas dan syarat-syarat yang diperlukan.